Tugas dan kewajiban seorang hamba ketika mendapat musibah

 

📚📜📜📚
Tadabbur Alquran

Tugas dan kewajiban seorang hamba ketika mendapat musibah.

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ

Yaitu barang siapa yang menjalankan kewajibannya maka bagi dia pahala yang besar dan indah, di dunia maupun di akhirat kelak.

Ketika seseorang meyakini bahwasanya musibah tersebut dari ketetapan Allah kemudian dia pun ridho dan menerimanya, maka Allah pasti akan memberikan hidayah kepada hatinya. Dia akan merasakan ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan hidup.

✋ Seseorang tidak merasakan kesempitan, gundah gulana dan semisalnya, yang ini akan dirasakan seseorang yang tidak diberi hidayah oleh Allah.

👉 Adapun yang mendapatkan hidayah, Allah akan mengokohkan dan membimbingnya untuk bisa bersabar ketika dia ditimpa musibah.

Sehingga dia akan mendapatkan pahala yang disegerakan di dunia, disamping balasan besar yang akan dia dapatkan nanti di akhirat.
________

فإن قام بها، فله الثواب الجزيل، والأجر الجميل، في الدنيا والآخرة، فإذا آمن أنها من عند الله، فرضي بذلك، وسلم لأمره، هدى الله قلبه، فاطمأن ولم ينزعج عند المصائب، كما يجري لمن لم يهد الله قلبه، بل يرزقه الثبات عند ورودها والقيام بموجب الصبر، فيحصل له بذلك ثواب عاجل، مع ما يدخر الله له يوم الجزاء من الثواب.

________
📚 Sumber:
Assi’dy at-Taghabun 11

⏳ alihbahasa:
Ustadz Abu Falah Hafizhahullah

» Channel Telegram || https://t.me/fawaidsolo
» Website || https://www.fawaidsolo.com

●●●●●●●●●