Tidak boleh mempertentangkan dalil dengan qiyas, akal dan selainnya

๐Ÿ“šโœ‹โœ‹๐Ÿ“š
Silsilah durus Assyaikh Rabi Almadkhaly hafizhahullah.

Tidak boleh mempertentangkan dalil dengan qiyas, akal dan selainnya.

๐Ÿ“ŒBerkata Imam Ahmad rahimahullah: {Tidak ada qiyas dalam sunnah.}

Yaitu tidak ada qiyas di dalam agama ini, apabila telah datang nahrullah (dalil) maka batal nahrulma’qil( akal).

๐Ÿ‘‰ Maksudnya ketika ada nash, tidak perlu qiyas.Tidak boleh dipertentangkan nash tersebut baik dengan akal, qiyas atau yang lainnya.

Kewajiban kita adalah tunduk dan menerima nash (dalil) tersebut.
Allah berfirman :
ููŽู„ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ู„ูŽุง ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ูŠูุญูŽูƒู‘ูู…ููˆูƒูŽ ูููŠู…ูŽุง ุดูŽุฌูŽุฑูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฌูุฏููˆุง ูููŠ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ุญูŽุฑูŽุฌู‹ุง ู…ูู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุถูŽูŠู’ุชูŽ ูˆูŽูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ููˆุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง
“Demi Allah, mereka tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu pemutus (hakim) terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian tidak ada dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.”

๐Ÿ‘‰ Sebagian manusia ada yang ekstrim dalam permasalahan qiyas, sampai dalam tingkatan menolak nash /dalil dari Alquran dan sunnah.

Kata mereka: nash ini telah menyelesihi qoidah atau menyelisihi qiyas. Mereka ghuluw dalam menetapkan qiyas.

Imam Ahmad membantah mereka dalam ucapannya tersebut.

____
๐Ÿ“š Sumber:
Syarah Ushulussunnah Imam Ahmad hal 10

โณ alihbahasa:
Ustadz Abu Falah Hafizhahullah

ยป Channel Telegram || https://t.me/fawaidsolo
ยป Website || https://www.fawaidsolo.com

โ—โ—โ—โ—โ—โ—โ—โ—โ—