πŸ”ŠπŸŒ·πŸ’‘πŸŒ±
HUKUM MEMBAWA PERGI ANAK-ANAK KE TEMPAT HIBURAN (PERMAINAN)

βœ’πŸ“‚ Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah

πŸ“š Pertanyaan: Wahai Syaikh yang mulia, banyak dari para wali membawa pergi anak-anak mereka ke sebuah tempat yang disebut tempat hiburan (permainan) anak-anak. Padahal di tempat tersebut banyak didapati berbagai pelanggaran syar’i seperti sebagian wanita yang bertabarruj (bersolek). Sedangkan anak-anak sangat senang sekali untuk pergi ke tempat hiburan (permainan) ini. Bagaimana hukum syar’i tentang bepergian ke sana?

πŸ”“ Jawaban: Tempat-tempat hiburan (permainan) ini -sebagaimana telah dijelaskan oleh saudara kita penanya- di dalamnya terdapat berbagai kemungkaran. Apabila dalam sebuah tempat terdapat kemungkaran dan seseorang itu memiliki kemampuan menghilangkan kemungkaran tersebut, maka ia wajib datang untuk menghilangkan kemungkaran ini.

βœ‹πŸ» Namun bila ia tidak mampu, maka haram baginya mendatangi tempat tersebut. Karena itu kita katakan: Keluarlah engkau membawa anak-anakmu ke luar rumah dan sudah cukup. Adapun membawa mereka ke tampat-tempat hiburan (permainan) semacam ini yang di dalamnya terdapat ikhtilat (campur baur laki-laki dan perempuan), orang-orang dungu yang merayu para wanita, pakaian-pakain yang tidak halal dikenakan oleh wanita, maka tidak halal baginya mendatangi tempat ini kecuali bila ia mampu menghilangkan kemungkaran yang ada.

πŸ“š Sumber: Silsilatul Liqa’ asy-Syahri> al-Liqa asy-Syahri (75)

πŸ“ Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

πŸ’»πŸŒ WhatsApp Salafy Indonesia
●https://t.me/forumsalafy
β—Žβ—Žβ—Žβ—Žβ—Žβ—Žβ—Žβ—Žβ—Ž
🌎 Publikasi β–ΆΒ FAWAID SOLO

●●●●●●●●●